SHOEBOX Project 5

SHOEBOX Project 5 : Kasih Kail, Bukan Ikannya

Dear teman2,
Dengan berbagai pertimbangan, SHOEBOX Project 5 akan dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober 2010.. Mdh2an teman2 yang ikut bisa lebih banyak yaaa.

We’re still waiting for your participation!!

———-

Dear teman2,
SHOEBOX Project
 #5 kembali hadir!!! Kali ini SHOEBOX Project akan memberikan bantuan kepada sekolah korban gempa di daerah Pangalengan, Jawa Barat tanggal 31 Oktober 2010. Bantuannya berupa bahan baku untuk membuat kursi (yg menjadi 1 dgn meja) yang akan digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.

Kenapa kursi & meja? Karena donatur2 sebelumnya telah berhasil merehabilitasi 6 kelas dan bangunan2 tersebut dibuat tahan gempa. Sayangnya bangunan2 tersebut belum ada meja dan kursinya sehingga para siswa belajar harus duduk di lantai selama proses belajar mengajar.

Kenapa kita cuma memberikan bantuan berupa bahan baku? Kenapa ga kita beliin aja kursinya?

Seorang bijak pernah berkata :

Jangan berikan ikan, tetapi kailnya. Sama dengan konsep ini, SHOEBOX Project akan memberikan bantuan berupa bahan baku karena kita akan melanjutkan memberikan edukasi kepada warga sekitar (dimana mereka juga telah berpartisipasi dalam pembuatan 6 kelas sebelumnya) bagaimana cara membuat meja kursi untuk sekolah itu sendiri.

Pada intinya adalah supaya warga sekitar tidak hanya bergantung pada bantuan dari orang lain untuk membuat meja kursi untuk sekolah ini, sehingga anak2 mereka dapat belajar dengan nyaman dan secara tidak langsung, kita pun membantu meningkatkan pendidikan di desa itu.

Mungkin teman2 akan bertanya, berapa biaya yang dibutuhkan?

Perkiraan biaya produksi 1 bangku ( meja + kursi, gabung langsung jadi satu ) adalah sekitar Rp 350.000. 1 kelas butuh 20 kursi sehingga kurang lebih jumlah yg dbutuhkan adalah Rp 7.000.000.

Kalau ada 6 kelas, berarti butuh dana sekitar Rp 42.000.000.

Sekedar mengingatkan bahwa di SHOEBOX Project 4 kita telah berhasil mengumpulkan lebih dr Rp. 31.000.000 dan sepertinya bukan sebuah hal yang mustahil untuk mencapainya lagi.

Angka-angka tersebut bukan sebuah target yang mutlak harus dicapai. Berapapun jumlah yang nanti bisa kumpulkan, saya yakin pasti akan sangat berguna bagi teman-teman kita di Pengalengan. Tapi angka-angka tersebut bs menyemangati kita dalam mengajak lebih banyak lagi orang-orang di sekitar kita untuk menyisihkan sebagian pendapatannya, ya kan?

So, what do you think? Let’s do this! Let’s join us in creating a better Indonesia ♥

Cheers!

 

 

Mission Accomplished – Oct 30, 2010

Dear sahabat,

Berkat partisipasi dari teman2, SHOEBOX Project #5 kembali dapat dilaksanakan sesuai rencana yaitu di Madrasah Hidayatul Islam ( PAUD & TK/TPA Plus ) Kampung Norogtog Wetan, Desa Margamulya, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Jawa Barat pada tanggal 30 Oktober 2010.  Jumlah sumbangan yang terkumpul sebesar Rp 52.626.000, jauh melampaui target awal sebesar Rp 28.000.000 dengan total donator sebanyak 138 orang dari target awal 100 orang. Sumbangan dibelanjakan untuk pembelian bahan baku pembuatan meja dan kursi sekolah. Dan, berhubung jumlah sumbangan yang kami terima melebihi target, maka kami berinisiatif untuk membelajakan lagi dalam bentuk penyediaan papan tulis, lemari buku dan beberapa buku – buku bacaan untuk anak – anak. Total pembelanjaan sebesar Rp 36.380.403sehingga masih tersisa uang sejumlah Rp 16.245.597.

Sisa donasi tersebut rencananya akan dialokasikan untuk pembelian Kamus Bahasa Inggris bagi anak didik Taman Ilmu dalam rangka ulang tahun pertama Taman Ilmu. Taman Ilmu ini memberikan pelajaran Bahasa Inggris gratis untuk anak – anak kurang mampu di daerah Setiabudi. Pemberian kamus ini juga dimaksudkan sebagai penghargaan untuk anak – anak didik Taman Ilmu yang tidak pernah bosan dan selalu semangat untuk belajar bahasa Inggris. Selain itu, sisa donasi akan disumbangkan untuk korban bencana alam baik di Merapi maupun di Mentawai melalui Gema Damai. Rencana pembelian kamus akan menghabiskan dana sekitar Rp.1.500.000. Sehingga sisa Rp. 14.745.597 ( dibulatkan menjadi Rp.14.750.000 ) akan disumbangkan untuk korban bencana alam.

Oia, adik-adik di Pengalengan titip salam! Mereka bilang terima kasih, karena sekarang mereka tidak perlu belajar di lantai lagi. Mereka juga berterima kasih, karena sekarang bisa belajar menggunakan papan tulis. Mereka tidak peduli berapa jumlah sumbangan yang telah teman-teman sisihkan, mereka hanya tahu, ada orang-orang baik yang telah berkenan menyisihkan sebagian pendapatannya untuk sarana belajar yang lebih memadai.

Teman-teman bisa lihat foto-fotonya di “You’ll see what we saw”

Sekali lagi, kami hanya bisa mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya terhadap program ini. Kami berharap teman-teman bisa ikut berpartisipasi langsung dalam kegiatan berikutnya yang InsyaAllah akan diadakan di akhir bulan Januari 2011.

Cheers,

SHOEBOX Project team

 

 

Leave a Reply

Launching Buku ‘Kaki Mimpi’
days
hours
min
sec
Follow Us: @shoeboxproject